Niken Khalida Puteri. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Hortatory Exposition Text

A. Pengertian Hortatory Exposition

Hortatory Exposition adalah jenis teks bahasa Inggris yang tergolong ke dalam kelas Argumentation. Hortatory Exposition adalah sebuah jenis teks bahasa Inggris yang mana menghadirkan usaha penulis memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau bertindak dalam hal tertentu. Dalam Hortatory Exposition, penulis mencantumkan beberapa pendapat mengenai hal tertentu untuk memperkuat ide pokok  dari teks tersebut.

Berbeda dengan Analytical Exposition, Hortatory Exposition menghadirkan Recommendation sebagai paragraf penutup dari sebuah Hortatory Exposition Text. Dalam Recommendation ini, penulis berusaha mengajak dan membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Hal ini jauh berbeda dengan Analytical Exposition yang mana menempatkan Reiteration atau penulisan kembali ide pokok sebuah teks sebagai penutup tanpa adanya ajakan atau bujuakan kepada pembaca.


B. Tujuan Komunikatif Hortatory Exposition Text

Berbeda dengan Analytical Exposition Text yang tujuan komunikatifnya memaparkan dan memengaruhi pembaca bahwa kejadian yang di ceritakan itu penting, pada Hortatory Expostion Text tujuan kommunikatifnya adalah memaparkan dan memengaruhi pembaca bahwa seharusnya demikian dan seharusnya tidak demikian.

C. Struktur Kebahasaan Hortatory Exposition  Text

Ada tiga bagian dari struktur atau pola kalimat dalam Hortatory Exposition Text, yaitu:

1. Thesis
Thesis berisi tentang pengenalan ide pokok penulis tentang suatu gejala atau kejadian yang akan diangkat atau dibahas.

2. Arguments
Arguments berisi tentang pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis. Semakin banyak pendapat yang penulis tuliskan, semakin menarik sebuah Hortatory Exposition Text itu, karena pembaca cenderung percaya terhadap suatu peristiwa jika terdapat banyak pendapat yang mendukung di dalamnya.

3. Recommendation
Recommendation berisi tentang rekomendasi atau ajakan penulis terhadap pembaca.

D. Ciri Kebahasaan Hortatory Exposition Text

Di bawah ini adalah ciri kebahasaan yang terdapat pada Hortatory Exposition Text, yaitu: 
  • Menggunakan simple present tense 
  • Menggunakan temporal conectives; firstly, secondly, thirdly, etc. 
  • Menggunakan evaluative words; importanly, valuablly, trustworthly, etc.

E. Contoh Hortatory Exposition Text
Di bawah ini, penulis sertakan contoh HortatoryEexposition Text beserta terjemahannya untuk memahami penjelasan di atas.

Corruption


Thesis
Do you know what the meaning of corruption is? What is the relation between money and corruption? Well, corruption is common everywhere in the world, even in the United States. It’s just a matter of intensity. However, it is quite shocking when one reliable survey claims Jakarta as the most corrupt place in Indonesia.

(Apa kamu tahu arti dari korupsi? Apa hubungannya uang dengan korupsi? Baiklah, korupsi merupakan hal yang umum di dunia, bahkan di Amerika. Hanya merupakan masalah intensitas. Tetapi, sangat mengejutkan ketika salah satu survey menyatakan bahwa Jakarta merupakan tempat yang paling banyak melakukan korupsi di Indonesia)

Argument 1 

The survey has made me sad, actually, because I stay and earn a living here in the capital. As most people know, Tanjung Priok port smuggling is not a new thing at all. Entrepreneurs who want to minimize their tax payments tend to do such a thing more often. They even bribe the officials.

(Survei tersebut membuat saya sedih sebenarnya, karena saya tinggal dan hidup di sini di ibu kota. Seperti yang semua tahu, penyeludupan di pelabuhan Tanjung Priok bukan merupakan barang baru lagi. Para pengusaha yang ingin mengurangi pajak perdagangan mereka melakukan hal seperti itu sering kali. Mereka bahkan menyogok pihak berwenang.)

Argument 2  
Well, I think the measures taken so far to overcome the problem by punishing the corruptors is still not far enough. We have to prevent the younger generations from getting a bad mentality caused by corruption.

(Baiklah, saya pikir ukuran yang diambil sejauh ini untuk mengatasi masalah tersebut dengan menghukum para koruptor masih jauh dari kata cukup. Kita harus mencegah para generasi muda dari sikap buruk yang disebabkan oleh korupsi.)

Recommendation 

I believe we should start at the earliest stages in school and I think everyone should be involved in the effort to eradicate corruption. We must not make any distinction.

(Saya percaya kita harus memulai langkah awal tersebut dari sekolah dan saya pikir semua orang harus di ikut sertakan dalam usaha untuk membasmi korupsi. Kita harus tidak membuat pengecualian apa pun.)
Adapted from: The Jakarta Post, February 2005

Bagi pembaca yang mencari Contoh Hortatory Exposition yang lain, silahkan lihat di sini.

Semoga artikel tersebut di atas tentang Hortatory Exposition Text bisa menambah pengetahuan pembaca mengenai apa itu hortatory exposition text dan bagaimana cara membuatnya. Dan jika terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar