Niken Khalida Puteri. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Info SNMPTN 2015


Berikut Jadwal Penting Kegiatan SNMPTN 2015

1. Proses Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) : 22 Januari - 8 Maret 2015.
2. Pendaftaran SNMPTN 2015 : 13 Februari - 15 Maret 2015.
3. Pengolahan Data : 1 April - 31 Mei 2015.
4. Pengumuman Kelulusan Peserta SNMPTN 2015 : 9 Mei 2015.
5. Pendaftaran Ulang bagi yang di terima : 9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN 2015 dan 1 minggu sebelum Ibadah Puasa Bulan Ramadhan 1436 Hijriyah).


Keterangan :
- SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
- Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.
- Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
- Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
- Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Jika Siswa dan Sekolah Curang di SNMPTN 2015, Inilah Sanksinya :

1. Sekolah yang terbukti melakukan kecurangan, tidak akan diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya (BLACK LIST)
2. Untuk siswa, status kelulusannya akan dibatalkan (di coret)
Sekolah dan siswa di larang melakukan rekayasa nilai rapor pada saat mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan kecurangan-kecurangan lainnya karena Pemerintah akan melakukan pemantauan secara ketat.
Catatan :
- SNMPTN 2015 hanya boleh di ikuti oleh kelas XII yang akan lulus tahun 2015 ini dan sekolah yang sudah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan sudah mengisikan data nilai dan informasi di PDSS
- Kuota SNMPTN 2015 adalah 50 %, sedangkan 30 % untuk SBMPTN 2015 dan 20 % untuk Ujian Mandiri (UM)
- Peserta SNMPTN 2015 bisa memilih maksimal 2 PTN. Dengan ketentuan, jika memilih 2 PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa, jika hanya 1 PTN saja maka bisa bebas di semua Provinsi
- Peserta SNMPTN hanya bisa memilih maksimal 3 Program Studi (Prodi) dengan ketentuan, 1 PTN maksimal 2 prodi.


Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengingatkan jangan ada diskriminasi pada penerimaan mahasiswa baru dalam SNMPTN 2015, berikut pernyataannya :

1. Jangan sampai ada diskriminasi dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru
2. Siswa yang berminat bisa mendaftarkan diri pada 13 Februari hingga 15 Maret 2015 setelah sebelumnya siswa maupun sekolah mencatatkan diri pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui sekolah
3. Pada prinsipnya proses seleksi melalui SNMPTN 2015 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya
4. Seluruh PTN diwajibkan untuk ikut dalam SNMPTN ini, dengan memberikan peluang minimal 50 persen dari jumlah kursi yang ada. Total PTN yang mengikuti SNMPTN tercatat sebanyak 63 PTN dengan jumlah kursi sekitar 152.000. Sementara 13 PTN baru hasil peleburan PTS, lanjut Nasir, mengatakan akan melakukan seleksi dengan pendampingan khusus.
5. Setiap siswa boleh memilih maksimal 2 PTN, dengan ketentuan jika memilih 2 PTN maka salah satu PTN harus berada di Provinsi yang sama dengan sekolah siswa dan hanya 1 PTN saja, maka bebas di Provinsi mana pun. Maksimal siswa boleh memilih 3 Program Studi dengan ketentuan 1 PTN maksimal 2 Prodi dan 1 PTN-nya lagi hanya 1 Prodi

Sumber :  Facebook Panitia SBMPTN2015 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Rafif NJ mengatakan...

Lanjutkan..!!

Niken Khalida Puteri mengatakan...

Oke rafif :) btw mau lanjut kuliah dimana?

Posting Komentar